Terbaik

September 09, 2017


Sebaik-baik seseorang, ia tak bisa jadi orang yang tepat bagi semua orang. Walau bagaimana kita membandingkan dan mencari orang-orang baik dalam bayangan kita itu, bukan berarti yang kita temukan adalah yang terbaik. Bisa saja ia justru bentuk paling sempurna dari angan-angan kita semata. Aku sering mendengar jodoh yang terbaik itu bukan yang paling sempurna, tapi yang tepat, yang pas, yang sesuai. Katanya seperti kepingan puzzle yang benar. Pas.


Ilustration click here

Namun, aku memikirkannya lagi. Seperti apa pas itu sebenarnya. Apakah yang memiliki sifat sama dengan kita, atau justru yang benar-benar bertolak belakang? Apakah yang memiliki minat atau kegemaran yang serupa, atau justru yang amat berbeda? Apakah yang nyambung diajak bicara, apakah yang sepemikiran, atau yang bagaimana? Rumit sekali.

Maka berbicara tentang terbaik, aku lebih senang mengingat sebuah firman; Boleh jadi kau membenci sesuatu padahal itu amat baik bagimu, dan bisa jadi kau suka akan sesuatu padahal ia sungguh buruk bagimu. Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui.*

Kita pun paham, ukuran seperti apa yang patutnya diimani; terbaik sejauh kadar ilmu Allah, bukan sesempit keterbatasan manusia. Allah yang paling tahu kesesuaian jiwa, yang mengetahui luar dan dalamnya, yang tampak maupun terhijab.

Bukankah kita mengenal istikharah? Daripada gamang sendiri menentukan ketepatan, kenapa kita tak coba menanyakannya saja pada Yang Menulis Ketetapan?

You Might Also Like

2 komentar

  1. Jodoh yang sempurna, (paling tidak bagi saya) sebenarnya tidak lebih dari angan-angan semasa kita muda. Semakin tua kita pada akhirnya menyadari bahwa yang kita butuh bukan orang yang paling banyak lebihnya, melainkan dia yang kekurangannya bisa kita terima.

    Akhirnya blog ini diisi lagi. Yey!

    BalasHapus
    Balasan
    1. yuhuu, kak. setuju. malah hampir kebanyakan dari angan-angan itu berakhir untuk ditertawakan saja.

      yey! i'm back. kasihan blognya kurang perhatian. heuheu

      Hapus

Say something!

Subscribe