Berhenti Menyenangkan semua orang

Februari 16, 2011




“Saya tak tahu kunci keberhasilan, tapi kunci kegagalan adalah berusaha menyenangkan semua orang.”
_Bill Cosby (1937)_

Menarik pembahasan di kelas hari ini, materinya tentang Pengantar Sumber Daya Manusia.Manusia adalah mahluk yang sangat komplek,” tulis dosen saya dalam salah 1 slidenya, “Kompleksitas manusia sebagai mahluk yang sulit dipuaskan.”
Rasanya kita semua sepakat dalam hal ini. Manusia memiliki fitrah yang tak pernah bisa dipuaskan kebutuhan dan keinginannya. Jangankan untuk memuaskan orang lain, memuaskan dirinya sendiri saja sulit!.
“Faktanya adalah Anda tak bisa menyenangkan semua orang karena anda hanya satu individu.” tulis Yopi Jalu Paksi dalam bukunya 101 Tips Kilat Berpikir Positif & Berjiwa Besar. Setiap individu memiliki kepentingan  yang berbeda-beda yang tak mungkin dapat kita penuhi seluruhnya.
Sahabat... Jika hari-hari ini engkau merasa lelah meraih keberhasilan. Muhasabah sejenak. Mungkin saja engkau terlalu memforsir  tenaga & waktu untuk menyenangkan semua orang yang engkau temui tiap hari. Sementara syarat untuk menjadi orang besar itu, mesti ada segelintir orang yang tidak menyukai dirimu. Itu pasti!. Saya selalu mengingat kekata salah seorang trainer favorit saya.   


“Jika semua orang menyukai Anda,
berarti anda adalah anak kecil,
Jika semua orang tidak menyukai Anda
berarti anda adalah orang gila,
Tetapi jika sebagiannya suka dan beberapa lainnya tak suka,
Berarti mungkin Andalah calon Orang Besar selanjutnya.... “
_Setia Furqon Kholid_


_Rafiqah Ulfah Masbah_

You Might Also Like

2 komentar

Say something!

Subscribe