Berfikir Beda, Bekerja Mudah

Februari 28, 2011


Belajar ketika orang lain tidur, bekerja ketika orang lain bermalasan, dan bermimpi ketika orang lain berharap.
 ~ William A. Ward~

Seringkali kita mendapati orang lain bahkan mungkin diri kita sendiri begitu sulit mencapai keberhasilan. Itupun sudah dengan segenap daya. Sementara yang lain, melanlang buana di puncak-puncak suksesnya tanpa mungkin pernah kita lihat kesusahan disepanjang alur usahanya. Kira-kira apakah yang membuat kita berbeda?. Dari judul diatas, sedikit mungkin sudah dapat disimpulkan.
                Dalam hal ini, saya tak hendak mengesampingkan makna penting kerja keras. Hanya, jika kita fikir itu saja cukup, rasa-rasanya terjadi sedikit salah kaprah. Ada poin lain yang juga mesti bergandeng disana.
Ingat kisah tentang Abdurrahman ibn ‘Auf?. Lelaki yang ikut hijrah ke Madinah tanpa membawa sesuatupun dari kekayaan melimpahnya, lalu oleh Rasulullah SAW dipersaudarakan dengan seorang Anshar kaya raya, Sa’ad ibn Ar-Rabi’.
                Kita hafal kemudian Sa’ad menawarkan membagi dua seluruh miliknya. Abdurrahman ibn ‘Auf dengan kesahajaanya hanya berkata, “Tidak Saudaraku.. Tunjukkan saja jalan kepasar!”.
                Disanalah keajaiban itu menyentilnya. ‘Abdurrahman ibn ‘Auf memang datang dengan tangan kosong, tapi jiwanya telah dibingkai iman, dan akalnya telah disusun penuh manhaj ekonomi Qur’ani. Dinar dan dirham yang mengalir dihadapannya di pikat dengan kejujuran, amanah, kebersihan dari riba’, timbangan yang pas, keadilan transaksi, dan akad-akad yang rapi.
                Sebulan kemudian beliau sudah menghadap Rasulullah dengan gagah lagi wangi dan penuh binar senyum. Disanalah mungkin titik awalnya, keberanian menanggalkan segala kemudahan yang ditawarkan.
“Memulai dengan tangan kosong seperti ‘Abdurrahman ibn ‘Auf seharusnya menjadi penyemangat kita bahwa itu semua mudah,” tanggap Salim A. Fillah mengenai kisah diatas. “Tapi apakah kemudahan itu?”.
Suatu hari dalam perjamuan Raja Ferdinand dan Ratu Isabella, semua orang mencibir perjalanan Columbus menemukan dunia baru sebagai hal yang sebenarnya sangat mudah. Tinggal berlayar terus ke barat. Lalu ketemu.
                Christopher Columbus tersenyum dari kursinya. Diambil dan ditimangnya sebutir telur rebus dari piring di depannya. “Tuan-tuan,” suaranya menggelegar memecah ricuh bebisikan. “Siapa di antara kalian yang mampu memberdirikan telur ini dengan tegak?”
                “Christopher,” kata seorang tua disana, “Itu adalah hal yang tidak mungkin!”
                Semua mengangguk mengiyakan.
                “Saya bisa,” kata Columbus. Dia menyeringai sejenak kemudian memukulkan salah satu ujung telurnya sampai remuk. Lalu memberdirikannya.
                “Oh.. kalau begitu caranya kami juga bisa!” kata seseorang. “Ya..ya..ya....”, seru yang lain. Dan senyum Columbus makin lebar. Katanya, “Itulah bedanya aku dan kalian Tuan-tuan! Aku memang hanya melakukan hal-hal yang mudah dalam kehidupan ini. Tetapi aku melakukannya di saat semua orang mengatakan bahwa hal mudah itu mustahil!”.

Yup!! Berpikir beda, bekerja mudah!. Menjadi pekerja, pengusaha, atau mau terdengar kerennya sebutlah Entrepreneur, itu tidak cukup hanya bermodal ketangguhan fisik, atau disisi lain hanya mampu menjadi pemikir, perancang tanpa gerak. Lebih dari itu, poin penting yang bermain disana adalah Kreatifitas yang lalu berkolaborasi dengan aksi.
                Tapi sebelum semua itu, ada satu biaya yang perlu kita keluarkan dahulu, yah.. jelas, keberanian untuk memulai. Karena sekedar tau tanpa mau mencoba, sebenarnya telah melabelkan diri anda, bahwa anda sudah gagal bahkan sebelum dikalahkan oleh siapa-siapa.
                Untuk selalu diingat berikutnya, kita bisa saja menuju tempat yang sama. Yang berbeda kemudian, ada yang akan sampai lebih dulu, dan ada juga yang belakangan. Sangat penting diperhatikan dalam hal ini mengaplikasikan percepatan. Lalu jangan bertanya lagi bagaimana caranya. Berpikir Beda, Bekerja Mudah!. Bersemangatlah sahabat! :-)

 _Rafiqah Ulfah Masbah_

You Might Also Like

2 komentar

  1. nice postingan...hehe, follow balik dluee..

    BalasHapus
  2. If some one needs to be updated with newest technologies after that he must be pay a visit this web site and be up to date daily.


    Also visit my weblog - clash of clans

    BalasHapus

Say something!

Subscribe